Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tips Pencegahan Setelah Bepergian Keluar Rumah | Rumaruma Blog

Bersihkan diri saat pulang ke rumah sebelum bertemu anggota keluarga untuk menghindari penyebaran virus

Tips Pencegahan Setelah Bepergian Keluar Rumah

Sebagian wilayah di Indonesia telah melonggarkan regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) meski status kedaruratan kesehatan masih berlaku. Kelonggaran kebijakan tersebut artinya masyarakat dapat beraktivitas di luar rumah dengan catatan tetap menjaga jarak sosial, menghindari kerumunan serta menjalankan pola hidup baru (new normal) yang telah disarankan.

Dengan diperbolehkannya kembali aktivitas di luar rumah juga berarti langkah pencegahan yang diambil wajib esktra guna melindungi diri dan keluarga di rumah dari penularan virus. Mengutip dari penyuluhan Badan POM, berikut tips pencegahan setelah bepergian keluar rumah.

1. Buka Alas Kaki

Sebelum masuk ke dalam rumah dan bercengkerama dengan keluarga, buka alas kaki dan letakkan di luar rumah. Kalian dapat menggunakan rak sepatu model terbuka untuk memisahkan sepatu yang digunakan sehari-hari di luar rumah agar tetap kelihatan rapi.

2. Semprot Disinfektan

Memisahkan sepatu yang digunakan untuk berpergian dari dalam rumah ternyata tidak cukup. Kalian tetap harus menyemprot disinfektan pada alas kaki tersebut untuk memastikan kuman atau bakteri tidak menyebar ke dalam rumah. Selain alas sepatu, semprotkan juga peralatan lain yang digunakan di luar rumah, semisal laptop, ponsel, pulpen, dll.

3. Buang Sampah

Sampah-sampah kertas, seperti kuitansi atau kemasan makanan yang sudah habis dimakan sebaiknya langsung dibuang di tempat sampah luar rumah. Jangan menambah sampah di dalam rumah, apalagi yang berkemungkinan terekspos oleh virus.

4. Cuci Tangan

Jangan menyentuh siapapun dan barang apapun, termasuk kursi atau sofa di dalam rumah sebelum mencuci tangan dengan sabun antiseptik dan air selama 20 detik. Gagang pintu yang dipegang juga sebaiknya segera dilap atau semprotkan disinfektan agar tetap steril.

5. Letakkan Pakaian Kotor

Masuk ke kamar mandi dan lepaskan seluruh pakaian yang dikenakan saat bepergian. Masukkan pakaian kotor tersebut di tempat cucian tersendiri yang tertutup.

6. Mandi Hingga Bersih

Sebelum menggendong anak tercinta, sebaiknya bersihkan tubuh dengan mandi. Pastikan untuk membersihkan area lipatan-lipatan tubuh, termasuk sela-sela jari dan keramas hingga bersih. Jika tubuh sudah bersih dan pakaian sudah diganti, saatnya menyapa dan bercengkerama dengan anggota keluarga.