Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tips Menata Rak agar Instagrammable | Rumaruma Blog

Tampilan rak dapat menambah atau sebaliknya merusak keindahan rumah

Tips Menata Rak agar Instagrammable

Di era yang serba visual ini, tampilan rak menjadi penting yang dapat menambah atau sebaliknya merusak keindahan hunian. Penggunaan rak pun tidak lagi terbatas untuk menyusun buku yang tipikalnya diletakkan pada ruang kerja atau ruang keluarga.

Rak kini dapat ditemukan di dalam kamar tidur sebagai tempat untuk menata koleksi tas, parfum atau aksesoris lainnya, atau bahkan sebagai pemanis pada kabinet dapur untuk memajang koleksi pottery atau gelas-gelas yang cantik.

Furnitur rak juga menjelma bak latar indah yang layak diabadikan atau ditampilkan, terutama saat Zoom meeting selama WFH, atau saat hendak mengambil selfie.

Nah, untuk mendapatkan rak yang layak menjadi latar atau sebutannya Instragrammable, penaatan barang-barang rak kudu diperhatikan. Dan, ya ada komposisi tertentu yang bisa kalian ikuti untuk menghasilkan penataan rak yang estetik dan tidak kaku. Mau tahu kiatnya? Simak berikut, ya!

Margin itu penting

Celah, atau jeda atau margin penting dalam menata rak agar terlihat rapi dan visually pleasing. Buku-buku yang berderet rapi akan tampak lebih estetik dan mengurangi nuansa kaku dengan meletkkan pajangan di antara kumpulan buku satu ke kumpulan buku lainnya, seperti ukiran antik atau pajangan kontemporer berkarakter kelinci dengan warna hitam matte, atau biarkan saja dengan celah untuk memberikan ruang bagi rak untuk bernafas. 

Tidak harus selalu buku

Rak yang ditempatkan di ruang keluarga tidak selamanya harus ditata dengan buku. Kalian dapat menata dengan menggabungkan beberapa item dekoratif dalam satu anak rak, semisal artwork frame dengan tempat lilin model tinggi yang terbuat dari brass. Bisa juga dengan meletakkan tanaman hias sulur dalam pot yang terbuat dari keramik berpola geometri atau brass pada sisi kanan anak rak, lalu pajangan kaleng tribal dan hourglass besar pada sisi kiri. 

Buku tidak selamanya harus ditata berderet

Buku-buku kalian dapat menciptakan visual estetik tersendiri dengan penataan yang berbeda, yaitu dengan ditumpuk. Pilihlah buku yang memiliki sampul yang berwarna sama (kalau bisa hitam putih) dan tumpuk ke atas membentuk gunung (buku paling besar diletakkan paling bawah).