Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tinggal Di Apartemen, Berapa Sih Biaya Per Bulannya? | Rumaruma Blog

Iuran bulanan mencakup biaya pengelolaan, parkir dan utilitas.

Tinggal Di Apartemen, Berapa Sih Biaya Per Bulannya?

Apartemen merupakan alternatif hunian bagi para homeseekers, khususnya mereka yang memiliki gaya hidup modern yang praktis, mobilitas tinggi sehingga mencari rumah yang dekat tempat kerja atau pusat kota.

Sebagai hunian, apartemen menghadirkan kemudahan hidup karena biasanya letaknya berada di lokasi yang dekat dengan pusat komersial. Selain itu, apartemen juga memberikan rasa aman yang lebih bagi penghuninya.

Namun, sebelum kalian memutuskan untuk membeli apartemen, pastikan kalian tahu biaya-biaya yang wajib dibayarkan setiap bulannya agar keuangan kalian tetap terjaga ke depannya.

Iuran pengelolaan apartemen atau maintenance fee

Semakin luas unit apartemen yang kalian miliki, maka semakin mahal maintenance fee yang dibayarkan karena perhitungannya per meter persegi. Saat menandatangi PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli), besaran biaya biasanya sudah dicantumkan sehingga kalian dapat mempersiapkannya kelak.

Biaya pengelolaan dari satu apartemen ke apartemen lain bisa berbeda, tergantung dari kelas, kondisi dan fasilitas gedung apartemen. Namun, biasanya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 60.000 per meter persegi.