Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tanyakan Ini pada Agen Saat Survei Rumah | Rumaruma Blog

Dapatkan informasi yang lebih jelas terkait properti dengan pertanyaan yang tepat.

Tanyakan Ini pada Agen Saat Survei Rumah

Saat hendak membeli rumah pertama, tidak sedikit calon pembeli yang suka merasa malu atau bingung apa saja yang perlu ditanyakan pada agen. Padahal, sudah menjadi tugas agen untuk membantu dan memandu pembeli, termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait properti.

Nah, manfaatkan pertemuan saat survei rumah untuk bertanya apapun terkait rumah yang kalian kunjungi. Bagi kalian yang bingung, tenang saja. Berikut Rumaruma.id bagikan pertanyaan-pertanyaan dasar yang dapat kalian persiapkan untuk mendapatkan gambaran yang jelas, terkait harga jual, kondisi dan lingkungan bakal rumah masa depan. Jadi, jangan malu bertanya, ya!

Mengapa Pemilik Menjual Rumah?

Tidak semua agen akan menjawab secara terang-terangan alasan pemilik memutuskan untuk menjual rumahnya. Namun, tidak ada salahnya bertanya.

Siapa tahu kalian cukup beruntung untuk mengetahui apakah pemilik menjual karena alasan keuangan alias BU atau karena alasan lain. Kalian wajib waspada jika ternyata properti sering berpindah tangan.

Lalu, dengan mengetahui motif penjual, kalian mendapatkan gambaran yang lebih jelas saat hendak melakukan penawaran harga.

Berapa kisaran harga saat pemilik membeli properti pertama kali?

Penting untuk mengetahui kisaran harga saat properti pertama kali dibandrol untuk menghitung berapa kenaikan atau justru kerugian nilai properti tersebut.

Properti, bagaimana pun, merupakan investasi jangka panjang dan diharapkan memiliki nilai investasi yang menjanjikan. Jika ternyata properti justru mengalami penurunan nilai, mungkin kalian perlu mempertimbangkan kembali apakah properti tersebut layak untuk dibeli.

Sudah berapa lama properti dihuni?

Informasi berapa lama properti dihuni memberikan gambaran terkait kondisi bangunan. Pemeliharaan rumah tua seringkali membutuhkan budget yang lumayan sehingga penting untuk mengantisipasi sebelum memutuskan membeli.

Berapa biaya perawatan lingkungan dan keamanan per bulannya?

Semakin besar properti, maka semakin tinggi biaya perawatan karena biasanya perhitungan biaya didasarkan per meter persegi. Sebelum kalian memutuskan untuk membeli, pastikan kalian tahu biaya-biaya yang wajib dibayarkan setiap bulan agar keuangan kalian tetap terjaga ke depannya.