Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tanda-tanda AC Rumah Butuh Perbaikan | Rumaruma Blog

Seberapa sering pendingin ruangan perlu perawatan?

Tanda-tanda AC Rumah Butuh Perbaikan

Pendingin ruangan alias AC mungkin menjadi penemuan paling favorit se-rumah tangga, apalagi bagi kita yang tinggal di daerah tropis.

Cuaca terik panas tak lagi jadi masalah. Hanya dengan menekan satu tombol “on”, udara sejuk yang dihasilkan dari AC menghadirkan kenyamanan yang bikin betah.

Dewasa ini, dengan meningkatnya kegiatan dari rumah menyusul pandemi yang belum juga reda, penggunaan AC di rumah meningkat tajam. Bagi yang terbiasa bekerja di gedung kantoran dengan fasilitas pendingin udara, bekerja di rumah terasa kurang nyaman dan gerah sehingga AC dinyalakan sepanjang hari.

Penggunaan AC yang sering tentu sebaiknya diimbangi dengan maintenance yang berkala. Kapan sih sebaiknya AC membutuhkan perawatan? Nah, tanda-tanda pada AC berikut menunjukkan saatnya bagi kalian untuk memanggil jasa maintenance.

1. Hawa panas yang keluar dari unit AC

Bukannya udara dengan hawa sejuk, malahan hawa panas yang dihasilkan dari unit AC. Jika demikian, maka ada yang keliru dengan unit AC kalian. Coba periksa termostat untuk memastikan suhu disetel ke suhu yang lebih rendah daripada suhu ruang Anda. Jika hawa panas masih keluar, kemungkinan kompresor udara AC rusak dan butuh perbaikan.

2. Tingkat kelembapan yang tinggi

Udara dingin AC biasanya membuat suhu ruangan menjadi kering. Jika ruangan justru terasa lembab saat AC dinyalakan, berarti ada yang salah dengan AC dan perbaikan diperlukan.

3. Air yang menetes dari unit AC

Air yang bocor dari unit AC mengindikasikan pendingin udara kalian sudah tidak berfungsi dengan baik. Segera hubungi teknisi terkait untuk mengidentifikasi lebih lanjut dan melakukan perbaikan.

4. Bersuara keras yang mengganggu

Suara berisik dari mesin AC biasanya muncul karena gangguan, seperti karet kompresor yang sudah menipis, karet stabiliser terganggu, atau AC tidak terpasang dengan baik. Gangguan pada mesin menimbulkan suara berisik yang dapat mengganggu ketenangan.

5. Mengeluarkan bau tak sedap

Udara yang dihasilkan unit AC rumah Anda tidak seharusnya mengeluarkan bau apek atau bau tidak sedap lainnya. Jika sudah demikian, besar kemungkinan pipa AC sudah terlampau kotor. Pembersihan AC bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengatasi masalah ini. Namun jika bau yang dikeluarkan cenderung seperti bau hangus, persiapkan diri Anda untuk kemungkinan terburuk yakni adanya kabel dalam sistem yang terbakar dan tidak berfungsi lagi dengan baik.