Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Tahukah Kalian, View Mempengaruhi Harga Apartemen | Rumaruma Blog

Sesederhana karena dari mata (view) turun ke hati.

Tahukah Kalian, View Mempengaruhi Harga Apartemen

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa unit-unit dalam satu gedung apartemen yang sama memiliki harga jual yang berbeda-beda? Padahal tipe dan ukuran unit-unit tersebut sama. Apakah hal ini mengindikasi harga unit tidak memiliki standarisasi atau tidak transparan?

Nah, justru ada standarisasi atau parameter yang menentukan harga tiap unit apartemen. Selain tipe dan ukuran unit, faktor lantai dan view ikut menentukan nilai jual dari suatu unit apartemen.

Unit yang berada di lantai atas biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada unit yang berada di lantai bawah. Hal ini dikarenakan semakin tinggi unit berada, maka view atau pemandangan dari luar jendela unit semakin bebas alias tidak terhalang. Biasanya view yang dimiliki unit lantai bawah terhalang oleh gedung-gedung sehingga mengurangi nilai jualnya.

Namun, view tak terhalang di lantai atas tidak menjadi faktor penentu utama yang mempengaruhi nilai jual suatu unit. Faktanya, unit yang berada di zona tengah (mid level) memiliki harga jual yang paling tinggi (catatan: dibandingkan dengan tipe dan ukuran yang sama dengan unit lantai atas dan tipe penthouse tidak termasuk). Unit-unit pada zona tengah dibandrol dengan harga jual yang tinggi karena memiliki view kolam atau menghadap taman indoor yang asri. Ditambahi rasional tidak ingin menunggu lift yang terlalu lama, unit-unit zona tengah yang memiliki view “cantik” banyak diburu para homeseeker dan menjadikan harga jualnya melesat.

Parameter harga unit yang dipengaruhi view ternyata tidak hanya berlaku untuk tipe apartemen saja. Hunian tapak dalam satu perumahan yang sama tetapi memiliki view estetik, semisal menghadap taman, atau seperti hunian di Bali yang menghadap langsung ke pantai, memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan hunian sejenis tanpa view yang menjual tersebut.

Singkatnya, lokasi merupakan faktor utama yang mendasari nilai jual suatu properti. Namun, faktor view memberikan nilai tambah pada unit yang dijual sehingga mendongkrak nilai jual dasarnya. Sesederhana karena dari mata (view) turun ke hati.