Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Strategi Cerdas Lindungi Investasi Properti Anda Menurut Forbes | Rumaruma Blog

Cari tahu kiat para profesional sektor properti dalam menghadapi COVID-19

Strategi Cerdas Lindungi Investasi Properti Anda Menurut Forbes

Pandemi yang menyasar berbagai sektor membawa dampak perlambatan pada keuangan, baik individu maupun bisnis. Tidak sedikit yang harus merelakan dan mengambil langkah cut loss untuk mengamankan investasi properti mereka. Di tengah kondisi yang tak menentu ini, penting memang untuk memiliki strategi ekstra seperti kiat-kiat yang dibagikan oleh para profesional dari Forbes Real Estate Council terkait cara mengelola investasi properti saat pandemi.

 

1. Cepat tanggap

Kondisi pasar yang terus berubah menuntut kita untuk berpikir dan bertindak cepat, khususnya dalam hal mengambil keputusan yang sifatnya mendadak. Salah satu strategi untuk mengambil keputusan yang tepat adalah dengan mempersiapkan atau tergabung dalam jaringan konsultan terpercaya sebelum krisis terjadi sehingga saat dibutuhkan, kalian memiliki akses ke informasi yang tepat dan relevan untuk pengambilan keputusan tersebut.

 

2. Fleksibilitas dalam bertindak

Dalam bisnis properti, kebutuhan penyewa atau pembeli dapat berubah di tengah kondisi pasar yang bergejolak. Penting untuk mengikuti tren, perubahan prilaku konsumen, preferensi mereka dan sesuaikan strategi kalian dengan pergerakan tren tersebut. Contohnya, di saat PSBB yang tidak memungkinkan pembeli untuk mengunjungi properti secara langsung, maka pendekatan yang fleksibel adalah dengan berinovasi dengan strategi pemasaran kalian, seperti memanfaatkan video marketing atau live virtual tour.

 

3. Kurangi biaya operasional

Teliti kembali biaya operasional portofolio dan arus kas yang ada. Di tengah kondisi tak menentu, arus kas sangat penting sehingga sebaiknya berhati-hati dalam hal pengeluaran. Jika belum diperlukan, batasi biaya dalam pemasaran dan utilitas.

 

4. Lakukan peningkatan atau upgrade dengan hati-hati

Salah satu strategi untuk meningkatkan atau mempertahankan permintaan properti adalah dengan menciptakan keunggulan (competitve edge). Namun di saat ini, penting untuk berhati-hati dalam melakukan peningkatan. Sebaiknya berkonsultasi pada saran ahli agar keputusan yang diambil memang yang paling ekonomis dan bijaksana. Contohnya pada hunian, area yang paling penting biasanya adalah dapur dan kamar mandi yang dapat menarik pembeli saat ini.