Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Selain Kondisi Bangunan, Wajib Inspeksi Lingkungan Perumahan! | Rumaruma Blog

Lingkungan sangat mempengaruhi kenyamanan tinggal

Selain Kondisi Bangunan, Wajib Inspeksi Lingkungan Perumahan!

Apakah kalian memiliki rencana untuk membeli rumah? Jika ya, maka banyak hal yang perlu kalian pertimbangkan. Memilih lingkungan yang tepat adalah salah satu aspek yang terpenting karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan tinggal kelak.

Berikut beberapa hal yang bisa kalian pertimbangkan saat melakukan inspeksi lingkungan perumahan yang ingin kalian beli.

Estetika

Pagar perumahan yang menjulang kokoh dengan desain pilar yang apik. Jejeran pepohonan, tanaman hias dan rumput-rumput yang terawat dan rapi. Lingkungan perumahan yang menarik, indah dipandang, dan rapi mewakili pengelolaan perumahan yang baik. Tentu saja kalian tidak ingin iuran pengelolaan lingkungan yang akan dibayarkan tiap bulan nantinya disalahgunakan untuk hal lain. Nah, salah satu aspek penilaian yang bisa kalian pertimbangkan adalah dari estetika lingkungan tersebut.

Keamanan

Apakah jalanan menuju ke rumah terasa sempit dan gelap? Apakah terdapat jalur khusus pejalan kaki dengan sarana lampu penerangan? Penerangan pada jalur perumahan yang terang memberikan rasa aman, khususnya pada malam hari. Lalu, perhatikan juga apakah fasilitas keamanan benar-benar diaplikasikan, seperti penjaga yang selalu stand by atau CCTV yang selalu aktif.

Komunitas

Bagi kalian yang berkeluarga dengan anak-anak tentu menginginkan jika rumah dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Salah satu yang dapat kalian nilai saat memilih lingkungan adalah dari aktvitas anak-anak yang bermain di sore hari, seperti di taman, lapangan basket atau tenis. Komunitas anak-anak yang bermain menunjukkan perumahan yang family-friendly.

Akses

Aspek yang sangat penting karena terkait lokasi perumahan. Apakah lokasi perumahan susah dijangkau? Adakah sarana dan fasilitas pendukung yang dekat ke perumahan, antara lain ATM, minimarket, dsb.

Intinya, kalian dapat mengetahui banyak hal tentang rumah masa depan dengan mempelajari lingkungannya. Jangan ragu untuk menggali lebih dalam dengan berbicara dengan tetangga sebelum kalian memutuskan untuk membeli rumah tersebut. Tidak hanya memberi gambaran apakah kalian akan menyukai lingkungan perumahan, tetangga sering mengungkapkan fakta atau informasi yang mungkin terlupakan atau dianggap tidak begitu penting untuk disebutkan oleh penjual.