Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Puasa Ramadan 2021, Makna dan Toleransi di Indonesia | Rumaruma Blog

Saling menghormati dan hindari menghakimi umat yang tidak menjalankan puasanya.

Puasa Ramadan 2021, Makna dan Toleransi di Indonesia

Tanggal 13 April tahun ini merupakan hari pertama bulan suci Ramadan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Hari ini menandakan awal dari perjalanan berpuasa dan beribadah selama sebulan penuh dan diakhiri dengan perayaan Lebaran sebagai simbol kemenangan.

Uniknya, setiap tahun tanggal dimulainya bulan Ramadan berbeda-beda yang ditentukan oleh fase bulan. Konon katanya, umat Muslim mengawali Ramadan dengan munculnya bulan sabit di langit.

Apa sih makna Ramadan dan bagaimana cara menunjukkan toleransi terhadap sesama selama bulan suci ini? Simak ulasan berikut! 

Makna Ramadan

Dalam kalender Islam, Ramadan jatuh pada bulan ke-9 dan di bulan ini, umat Muslim yang tidak sedang hamil, datang bulan, sakit atau lansia akan berpuasa dari subuh hingga petang setiap harinya. Berpuasa merupakan kewajiban ibadah dari agama Islam sebagai simbol dedikasi dan kesetiaan kepada Tuhan yang Masa Esa.

Selain itu, berpuasa juga dimaknai sebagai pembelajaran diri untuk disiplin, baik secara rohani maupun spiritual dengan menjaga diri dari godaan dan nafsu duniawi.

Toleransi Terhadap Umat yang Menjalankan Ibadah Puasa

Bagi kalian non-Muslim yang memiliki teman atau rekan kerja yang berpuasa, sikap toleransi, menghargai dan saling memahami sangat diperlukan pada bulan ini. Hindari bertanya kepada teman yang berpuasa hal-hal yang sifatnya sensitif atau pertanyaan yang sebetulnya bisa kalian dapatkan jawabannya di Internet.

Lalu, jika kalian ingin mengajak untuk bertemu, sebaiknya pilih waktu petang setelah mereka berbuka. Hal yang juga penting untuk dicatat, hindari untuk mengulik apalagi menghakimi umat Muslim yang memutuskan untuk tidak berpuasa karena mereka memiliki alasan pribadinya tersendiri.

Tradisi Lokal Merayakan Ramadan di Indonesia

Di Indonesia, bulan puasa biasanya menjadi ajang silahturami dan reuni dengan teman-teman sekolah maupun kerabat. Kegiatan buka bareng alias bukber mendominasi seluruh tempat makan, dari hari pertama hinga hari terakhir puasa.

Dari bukber dengan teman SMP, teman SMA, teman kuliah, rekan kerja, hingga mantan rekan kerja, bisa dikatakan setiap minggu selama bulan puasa jadwal bukber selalu ada. Namun, tahun ini tentunya berbeda karena pandemi yang masih belum reda. Selain kegiatan bukber yang dibatasi, tidak sedikit acara bertemakan Ramadan, seperti bazaar makanan yang harus ditiadakan. Bukber pun kini di rumah saja, tetapi kalian masih dapat memesan takeaway atau delivery bagi yang tidak ingin repot untuk memasak.

Hari Kemenangan Setelah Berpuasa

Di penghujung Ramadan, umat Muslim merayakan hari kemenangan dengan saling meminta maaf lahir dan batin, sembari menikmati sajian khas hari raya, seperti ketupat dan opor.

Belakangan, tren Lebaran adalah berpakaian dengan warna yang seragam bagi seluruh anggota keluarga. Selain untuk alasan foto yang tampak lebih menarik, warna yang seragam juga menandakan ikatan keluarga yang semakin kuat dan dekat. Lalu, yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak saat Lebaran adalah amplop hijau atau pembagian THR dari anggota keluarga yang lebih tua dan sudah bekerja.

Nah, kalian sendiri apa yang paling ditunggu-tunggu saat Lebaran nanti?