Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Pentingnya Evaluasi Keuangan Sebelum Beli Rumah | Rumaruma Blog

Beli rumah membutuhkan biaya yang besar

Pentingnya Evaluasi Keuangan Sebelum Beli Rumah

Evaluasi keuangan merupakan langkah paling dasar yang wajib dilakukan saat kalian berencana membeli rumah.

Dengan mengetahui kondisi keuangan membantu kalian untuk menentukan kisaran budget rumah yang dapat kalian beli, serta memberi gambaran jika nantinya kalian membutuhkan pembiayaan dari bank atau saat menentukan skema pembayaran yang tepat.

Berikut alasan pentingnya mengevaluasi keuangan sebelum memutuskan membeli rumah.

Mengerucutkan pencarian rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan

Seringkali yang terjadi, orang terlanjur jatuh hati pada rumah yang mereka lihat hanya untuk menyadari bahwa mereka tidak mampu membelinya.

Sebelum timbul kekecewaan, mengapa tidak menghindari dengan menetapkan kisaran budget rumah yang sesuai dengan kemampuan keuangan kalian. Dengan begitu, kalian juga lebih memahami rumah seperti apa yang sebenarnya kalian cari dan butuhkan.

Menentukan metode pembayaran yang tepat

Apakah lebih baik membayar secara tunai atau mengambil promo DP atau cicilan KPR, kalian dapat menentukan skema atau metode pembayaran yang tepat dengan sebelumnya mengevaluasi keuangan kalian.

Selain itu, kalian juga dapat mengantisipasi risiko keuangan di masa depan. Jangan sampai aspek kehidupan lain, seperti dana darurat atau pendidikan anak terganggu karena urusan beli rumah, dan begitupun sebaliknya.

Mengetahui besaran cicilan kredit rumah yang bisa kalian dapatkan

Jika kalian berencana mengambil pinjaman dari bank, salah satu evaluasi keuangan yang dapat kalian lakukan adalah simulasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Cicilan KPR bergantung pada penghasilan yang kalian hasilkan per bulan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengambil kredit pemilikan rumah, penting sekali kalian berhitung dengan cermat berapa cicilan per bulan dan apakah penghasilan Anda cukup untuk membayarnya.

Di samping itu, perlu ingat bahwa selain cicilan setiap bulan Anda perlu mempersiapkan uang muka yang sudah harus dilunasi sebelum mengajukan KPR.