Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Mudik Virtual, Pengobat Rindu Keluarga di Saat Lebaran | Rumaruma Blog

Pandemi Covid-19 membuat kita terpaksa harus berdiam diri di rumah.

Mudik Virtual, Pengobat Rindu Keluarga di Saat Lebaran

Pandemi Covid-19 membuat kita terpaksa harus berdiam diri di rumah. Tradisi silaturahmi dengan berkunjung ke rumah saudara, kerabat atau sahabat saat Lebaran pun terpaksa harus dibatasi.

Lebaran tahun 2021 ini, pemerintah Indonesia telah menetapkan peraturan larangan mudik, bahkan sejak satu minggu sebelum hari H dan satu minggu setelahnya. Tradisi lebaran yang dinantikan setiap tahunnya agaknya masih harus dibatasi demi mengantisipasi naiknya kembali angka kasus yang terjangkit Covid-19.

Meski tidak dapat mudik, tetap ada cara untuk dapat bersilaturahmi dengan keluarga tercinta. Mau tahu? Yuk, simak ulasan berikut!

Mudik Virtual

Mudik virtual adalah bersilaturahmi dengan keluarga dalam suasana Lebaran dan Idul Fitri dengan memanfaatkan teknologi video call. Melakukan mudik virtual sangatlah mudah. Banyak aplikasi yang menyediakan video call gratis. Misalnya, Zoom, WhatsApp, Google Duo dan lain sebagainya.

Tatkala mudik ke kampung halaman dilarang oleh pemerintah, mudik virtual lebaran Idul Fitri 2020 disarankan oleh pemerintah untuk mengimbau warga kepada seluruh warga Indonesia.

Saling Mengirimkan Parsel

Untungnya kita yang hidup di era digitalisasi teknologi yang sudah maju, kini mengirimkan parsel Lebaran sangatlah mudah. Tidak perlu mendatangi satu per satu toko kue atau toko penjual hamper dan repot mengantarnya ke tempat saudara atau kerabat yang dituju. Dewasa ini, kita dapat dengan mudah mencari, membandingkan dan melalukan pembayaran serta pengiriman lewat marketplace.

Tambahan lagi, sejumlah marketplace tengah berlomba memberikan promo diskon ongkos kirim (ongkir) yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan parsel saat Lebaran.

Transfer “Angpao” Lewat E-Wallet

Salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu saat Lebaran adalah pembagian amplop atau “angpao” Lebaran. Sejatinya, berbagi amplop berisi uang ini memiliki makna berbagi kebahagiaan.

Dibatasinya acara kumpul keluarga pada perayaan Lebaran tahun ini tidak berarti kalian tidak dapat bagi-bagi atau menerima angpau. Manfaatkan layanan dompet digital atau e-wallet yang menghadirkan fitur transfer gratis selama hari raya Lebaran. Tak lupa sisipkan pula wejangan atau doa pada catatan transfer.