Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Mempersiapkan Diri untuk Tahun Baru yang Lebih Baik | Rumaruma Blog

Songsong masa depan dengan semangat dan optimisme baru

Mempersiapkan Diri untuk Tahun Baru yang Lebih Baik

Saatnya berhenti menyalahkan tahun kemarin, apalagi menyesali yang sudah terjadi. Dengan pergantian tahun baru 2021, mari melangkah lagi ke depan dengan mindset yang positif dan optimis bahwa hal baik akan terjadi meski keadaan sulit untuk kembali normal. 

Baik berencana untuk pindah tempat kerja, pindah rumah, atau pindah kota, sangat penting untuk memulai segalanya dengan persiapan. Resolusi atau life goals yang terencana dengan terarah dan dilakukan sejak dini niscaya dapat lebih cepat terwujud. 

Nah, jika kalian tidak pernah membuat resolusi sebelumnya, saat ini waktu yang tepat untuk memulainya dengan tips perencanaan awal tahun berikut:

Keadaan sulit diubah, tetapi outlook kalian bisa. 

Menyalahkan keadaan, terus berpikiran negatif, pasrah dan berhenti berusaha sangat mudah untuk dilakukan. Namun, apakah itu attitude yang ingin kalian miliki di tahun baru? Tentu tidak. 

Menuju tahun baru yang lebih baik, yang paling dasar adalah mengubah cara pandang kalian. Tentang apa yang disebut new normal, mencari jalan terbaik berdamai dengan keadaan tetapi bukan artinya malas atau berhenti berusaha. Fokus pada energi yang baik tahun ini, terus berjuang dan maksimalkan talenta atau keahlian yang kalian miliki, bersyukur untuk apa yang dimiliki bukan menyalahkan apa yang tidak miliki. 

Dengan outlook yang positif, kalian telah mengawali tahun dengan orientasi yang tepat. 

Buat perencanaan jangka pendek yang dapat segera terealisasi

Siapapun akan merasa senang dan bangga jika dapat mencapai gol atau impian hidupnya. Buatlah daftar resolusi atau life goals, dimulai dari yang paling mudah dicapai dengan timeline yang singkat. Saat kalian telah menyelesaikan satu gol, lanjutkan ke yang lain. 

Belajar dari pandemi, rencana dapat buyar seketika di saat tak terduga. Jika kalian menetapkan semua life goals sebagai tujuan besar yang memakan waktu berbulan-bulan, kalian mungkin dapat berkecil hati duluan sebelum menyelesaikannya. Ujuk-ujuk, tidak ada satu pun gol yang terlaksana. 

Fokus pada kesehatan fisik maupun mental

Resolusi populer tahun ini mungkin adalah kesehatan. Pandemi seolah memaksa dunia untuk menarik rem dan fokus ada kesehatan, baik diri sendiri maupun lingkungan.

Kalian dapat mengawali tahun dengan mulai memperhatikan asupan nutrisi makanan atau kesehatan mental. Jika kalian ingin berolaharga, pastikan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan saat melakukannya di luar ruang. Olahraga yoga mungkin ide yang  dapat dipertimbangkan yang tidak hanya membantu untuk kesehatan fisik, tetapi juga spiritual dan mengelola stress. 

Rajin menabung dan alokasi dana darurat

Sedari kecil kita selalu diajarkan untuk rajin menabung. Salah satu pelajaran yang dapat dipetik dari pandemi, memiliki tabungan sangat penting karena saat bisnis tiba-tiba lumpuh, mereka tetap dapat bertahan setidaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Bila kalian tidak memiliki resolusi tahun baru yang spesifik, tidak ada salahnya untuk menjadikan target keuangan sebagai gol atau perencanaan di awal tahun baru ini.