Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Lakukan Hal Berikut Sebelum Pindah Masuk ke Rumah Seken | Rumaruma Blog

Cek kondisi bangunan rumah apakah bebas dari kerusakan dan hewan pengganggu

Lakukan Hal Berikut Sebelum Pindah Masuk ke Rumah Seken

Rumah seken, baik yang pernah ditempati ataupun jarang ditempati oleh pemilik sebelumnya sebaiknya dicek kondisi bangunannya. Rata-rata, kondisi bangunan rumah seken membutuhkan perbaikan atau polesan, apalagi jika penghuni sebelumnya jarang melakukan perawatan.

Sebelum pindah masuk ke rumah seken, baiknya memeriksa seluruh kondisi bangunan agar kenyamanan tinggal kelak tidak terusik. Jika diperlukan, segeralah mengambil tindakan untuk mengantisipasi kerusakan atau gangguan lebih lanjut, seperti berikut:

Pasang anti rayap pada rumah

Serangan rayap dapat merobohkan bangunan rumah! Sebelum pindah, sebaiknya mengaplikasikan anti rayap atau bom rayap di sudut-sudut rumah yang khususnya rentan lembap atau memiliki unsur kayu, seperti plafon, sudut ruang lemari atau perabotan kayu akan diletakkan. Bila perlu, gunakan jasa profesional agar rumah dapat terlindungi dari serangan hama pengganggu ini.

Ganti pompa air

Air merupakan kebutuhan sehari-hari, dari mandi, mencuci hingga masak. Sebab itu, periksalah saluran dan pompa air sebelum pindah. Bersihkan saluran air jika ada yang tersumbat dan bila sudah usang, ganti pompa air. Pompa yang sudah berusia tua, kapasitasnya sudah sangat berkurang dan biasanya hanya dapat mengeluarkan 25% dari air yang dipompa.

Segera atasi tembok retak

Jangan menyepelekan tembok rumah yang retak. Jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kerusakan lain, seperti membuat celah untuk air hujan merembes. Sebagai tips, tunggu plester tembok kering sempurna sebelum dilabur dengan aci dan kemudian, dilapisi lagi dengan cat sebagai tahap akhir agar dinding kembali terlihat mulus.

Perbaiki jendela atau kusen pintu yang rusak

Jendela atau pintu yang rusak rentan dimasuki maling yang mengancam keamanan penghuni, khususnya di malam hari. Jika ingin mengganti keseluruhannya, bisa mempertimbangkan pintu atau jendela yang terbuat dari aluminium yang tahan terhadap dan rayap dan lapuk.