Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Kesal Cucian Tidak Kering Saat Musim Hujan, Atasi dengan Berikut! | Rumaruma Blog

Pakaian yang lembab berbau apek dan rentan jamuran

Kesal Cucian Tidak Kering Saat Musim Hujan, Atasi dengan Berikut!

Selain nuansa liburan, akhir tahun di Indonesia juga identik dengan musim penghujan. Bagi sebagian orang, musim hujan memunculkan masalah tersendiri, seperti cucian yang tidak kering.

Masalah rumah tangga yang sering terjadi saat musim hujan adalah tidak bisa menjemur cucian di bawah sinar matahari sehingga pakaian tidak mengering dengan baik. Lantas, bagaimana cara mengeringkan baju dengan cepat di musim hujan? Berikut beberapa tip dari Rumaruma berguna untuk membantu kalian.

Setrika pakaian yang masih lembab
Cucian tidak dapat kering sempurna saat dijemur di dalam ruang. Kalian dapat mengakalinya dengan menyetrika untuk menyerap sisa kelembaban yang tertinggal pada pakaian. Anggap saja sebagai pelembut pakaian.

Letakkan satu kantong besar yang berisikan garam murni
Beberapa cara untuk mengurangi tingkat kelembapan di dalam ruangan adalah dengan meletakkan garam murni di sudut ruangan tempat kalian mengeringkan cucian. Garam murni berfungsi menyerap kelembapan berlebih di ruangan sehingga mengurangi risiko pertumbuhan jamur dan lumut.

Kurangi jatah pakaian dalam sekali cuci
Memang, mencuci pakaian sekali dalam jumlah yang banyak lebih hemat air dan listrik. Namun, saat musim hujan, yang ada mubazir. Pakaian yang berbau apek tidak dapat digunakan dan harus dicuci kembali. Bukannya hemat, malahan lebih boros.

Jadi, sebaiknya kurangi jumlah pakaian dalam sekali cuci. Prioritaskan pakaian yang penting, semisal seragam kerja. Dengan begitu, cucian dapat lebih cepat kering saat dijemur di dalam ruangan.

Keringkan cucian di ruangan yang memiliki pendingin udara (AC)
Iklim tropis Indonesia membuat kita tidak membutuhkan mesin pemanas, melainkan pendingin udara atau air-conditioner (AC).

Pendingin udara memiliki sifat yang membuat udara ruang menjadi kering sehingga dapat dimanfaatkan untuk cucian saat musim hujan. Agar tidak boros, keringkan cucian saat kalian akan menyalakan AC ruang, seperti malam hari. Sebelum Anda tidur, jemur cucian dengan membiarkan permukaan pakaian menghadap ke arah AC. Pakaian akan kering di pagi hari.

Tentunya masih segar di ingatan, musibah banjir saat musim hujan yang melanda Jakarta pada penghujung akhir tahun 2019 silam. Sebagai antisipasi, silakan baca ulang artikel Pertolongan Pertama Saat Rumah Kebanjiran. Semoga saja tahun ini tidak terulang, apalagi mengingat masyarakat yang masih menyesuaikan diri menghadapi pandemi Covid-19.