Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Kartini Masa Kini: Wanita Berprestasi yang Masuk dalam Daftar Forbes 30 Under Asia | Rumaruma Blog

Sosok Kartini Indonesia yang bisa kalian temui di era masa kini

Kartini Masa Kini: Wanita Berprestasi yang Masuk dalam Daftar Forbes 30 Under Asia

Tanggal 21 April setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari Kartini sebagai wujud apresiasi dan penghormatan terhadap tokoh emansipasi wanita negeri ini. Peran Ibu Kartini yang mempelopori kesetaraan derajat antara wanita dan pria di Indonesia senantiasa menjadi inspirasi, khususnya kaum perempuan di era modern untuk berani dan gigih mengejar cita, serta mampu mengambil kendali nahkoda saat dibutuhkan.

Sosok Kartini Indonesia juga bisa kalian temui di era masa kini yang prestasinya sudah dan tercatat dalam daftar Forbes 30 Under. Siapa sajakah mereka?

1. Stefani Tan (28) dari kategori Retail dan e-commerce

Sosok wanita ini merupakan Co-founder dan Creative Diretor dari Jolie Clothing, retail fashion wanita yang banyak digandrungi kaum hawa yang menyukai konsep elegan dan feminin. Stefani Tan mendirikan Jolie Clothing pada awal 2014 yang bertujuan untuk menyediakan busana wanita yang terjangkau dan nyaman. Ia memegang gelar master seni dari Raffles Design Institute Singapura.

2. Charina Prinandita (29) dari kategori The Arts

Mereka yang masuk dalam daftar ini adalah anak-anak mudah yang berhasil melakukan kreasi bisnis di beragam lini, seperti bisnis makanan dan minuman. Pada tahun 2016, Charina bersama dua rekannya mendirikan Eatlah, gerai makanan cepat saji yang menawarkan beragam menu lokal. Salah satu andalan yang laris manis adalah menu nasi ayam dengan saus telur asin. Dalam kurun lima tahun, Charina berhasil melebarkan sayap bisnis Eatlah dengan dibukanya lebih dari 20 outlet di seluruh Indonesia.

3. Kathleen Gondoutomo (28) dari kategori The Arts

Kathleen adalah pendiri dari H! Cups, perusahaan gerai minuman yang beroperasi di daerah pedesaan. Gebrakan Kathleen sebagai Kartini masa kini terbukti dengan upayanya dalam membuka lapangan pekerjaan untuk memberdayakan kaum perempuan yang tidak bekerja di kota-kota kedua dan ketiga di Indonesia. Saat ini, perusahaannya telah memiliki lebih dari 40 gerai dan mempekerjakan lebih dari 150 perempuan.

4. Nicole Zefanya (20) dari kategori Hiburan dan Olahraga

Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Nicole Zefanya atau yang dikenal dengan panggilan NIKI, merupakan bintang di bawah asuhan label 88rising, yang juga menaungi Rich Brian. Jika bukan karena pandemi, Niki merupakan penyanyi wanita asal Indonesia pertama yang akan beraksi di panggung festival musik dunia Coachella.