Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Hal-hal yang Bikin Penyewa Apartemen Tidak Betah | Rumaruma Blog

Antisipasi hal-hal yang tidak disukai penyewa terkait unit

Hal-hal yang Bikin Penyewa Apartemen Tidak Betah

Penting untuk mengetahui apa yang tidak disukai penyewa agar pemilik unit dapat menyiasati dan memastikan penyewa tetap betah. Kecuali tujuannya untuk mengusir penyewa dari unit, antisipasi empat hal berikut yang menyebabkan penyewa tidak betah dan memutuskan untuk menyewa unit di tempat lain.

  • Kurangnya fasilitas

Sebagian penyewa masih bisa mengerti jika fasilitas tambahan, seperti gym atau taman indoor tidak tersedia. Namun, jika fasilitas dasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang tidak memadai atau susah dijangkau, seperti laundry, sangat cepat untuk penyewa pindah ke tempat lain yang menyediakan fasilitas lebih baik.

  • Manajemen gedung yang buruk

Faktor pengelolaan apartemen yang tidak responsif atau sulit dihubungi saat adanya pengaduan atau keluhan terkait hal-hal teknis unit, seperti sampah, air dan listrik tentunya akan terasa seperti mimpi buruk bagi penyewa. Sebab itu, penting agar pemilik unit juga ikut andil dalam menegur manajemen gedung agar menjalani tugas mereka dengan baik.

  • Tetangga yang suka membuat keributan

Setelah seharian bekerja, siapapun tentunya ingin pulang ke rumah dan beristirahat dengan tenang tanpa gangguan, apalagi suara berisik dari tetangga sebelah. Namun, kalau sudah masalahnya tetangga memang serba salah. Alih-alih membuat situasi tenang, yang dikuatirkan tetangga tersinggung saat ditegur. Sebagai antisipasi, pemilik unit mungkin dapat memberikan layanan ekstra sebagai kompensasi, seperti menyediakan mesin cuci di unit, atau mengurangi biaya sewa.

  • Pemilik unit bohong terkait kondisi unit

Kepercayaan adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis. Saat pemilik unit tidak jujur terkait kondisi unit yang sebenarnya, penyewa yang mendapatinya di kemudian hari tentunya akan kecewa. Bukan hanya akan pindah ke tempat lain, penyewa bisa saja berbagi pengalaman dan ketidakjujuran pemilik kepada teman atau kolega yang akan membuat reputasi unit menjadi tidak baik.