Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Cuka, Bahan Alami Rumah Tangga dengan Segudang Manfaat | Rumaruma Blog

Kalau pernah mendengar istilah “all multi purpose”, maka cuka termasuk salah satu bahan alami serba guna untuk kebutuhan rumah tangga.

Cuka, Bahan Alami Rumah Tangga dengan Segudang Manfaat

Di samping bermanfaat sebagai bahan penyedap untuk menambah cita rasa masakan, cuka ternyata berguna sebagai pembersih alami yang aman untuk kesehatan keluarga di rumah. Yuk, cari tahu!

1. Cairan Disinfektan Alami yang Aman

Penggunaan disinfektan berbahan kimia kadang kala membawa dilema tersendiri, apalagi jika sudah menyangkut keamanan dan kesehatan keluarga.

Sebagai alternatif, kalian dapat coba membuat disinfektan berbahan alami sendiri dengan menggunakan cuka. Campur cuka dengan air dengan takaran 1:1 dan tuangkan di dalam botol semprot. Larutan cuka dapat kalian gunakan sehari-hari, bahkan untuk gadget, seperti ponsel dan laptop.

2. Mengusir Bau pada Saringan Pembuangan Kamar Mandi

Helaian rambut basah yang menyangkut pada saringan pembuangan lama kelamaan dapat membentuk lendir dan lumut yang berbau.

Setelah membersihkan permukaan saringan dari kotoran yang menyangkut, semprotkan cuka pada permukaan saringan dan tunggu satu jam untuk kemudian dibilas dengan air. Buka jendela kamar mandi atau nyalakan exhaust fan untuk sirkulasi udara saat menyemprotkan cuka.

3. Membersihkan Cipratan Minyak pada Backsplash Dapur

Backsplash dapur tak jauh dari noda bekas cipratan minyak dari hasil memasak. Minyak yang terlanjur menempel akan sulit dibersihkan jika hanya menggunakan sabun biasa. Campurkan cuka putih yang dicampur dengan air hangat, lalu semprotkan pada permukaan backsplash dan gosok pelan dengan kain microfiber hingga noda minyak lepas.

4. Membasmi Jamur Kamar Mandi

Dengan bahan cuka, kalian dapat membuat cairan pembersih untuk membasmi noda jamur pada kamar mandi. Campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 2:1, lalu tuang ke dalam botol semprot. Cuka memiliki kandungan asam alami yang efektif untuk menghilangkan jamur yang menempel pada dinding.