Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Checklist: Tanggung Jawab Harian Agen Properti | Rumaruma Blog

Berprofesi sebagai agen properti tidak memiliki rutinitas tipikal seperti kebanyakan profesi kantoran pada umumnya.

Checklist: Tanggung Jawab Harian Agen Properti

Fleksibilitas menjadi salah satu keuntungan profesi ini. Namun, tidak berarti agen properti tidak perlu mengelola waktu dan tanggung jawab, serta prioritas harian.

Perencanaan dan pengelolaan tanggung jawab yang baik setiap harinya dapat membantu agen untuk lebih jelas dalam hal pencapaian target, peningkatan penjualan dan perluasan jangkauan klien.

Berikut Rumaruma bagikan rekomendasi untuk membantu agen properti melakukan perencanaan tugas harian.

1. Cek dan sortir database klien

Klien merupakan aspek penting dalam pemasaran properti. Sebab itu, database klien merupakan “aset” yang wajib dimiliki agen properti.

Sebelum melakukan pendekatan atau memberikan rekomendasi unit, luangkan waktu untuk menyortir database klien dan urutkan klien dari yang paling berpotensi.

Kalian dapat mengurutkan klien dengan kategori klien lama, klien baru, klien yang berlangsung dan calon klien. Dengan membuat kategori yang jelas pada database akan memudahkan kalian saat mengecek daftar prioritas klien.

2. Perbarui listing dan tingkatkan jangkauan pemasaran

Selalu perbarui informasi listing, baik dari sisi harga, ketersediaan maupun informasi tambahan terkait unit yang dipasarkan.

Tingkatkan online presence sebagai strategi pemasaran dengan memanfaatkan situs pencarian properti online maupun sosial media.

Bila perlu, buat materi pemasaran tambahan, seperti video tur properti.

3. Ikuti dan cek perkembangan terbaru transaksi klien

Tanggung jawab agen properti tidak selesai saat pembeli setuju untuk melakukan pembelian. Agen sebaiknya tetap mendampingi pembeli/klien dalam hal pengurusan perjanjian jual beli, akad, dokumen-dokumen yang diperlukan, mengingatkan deadline, dsb.

Sebab itu, agen perlu membuat catatan dan daftar “klien yang berlangsung” untuk memudahkan saat mengikuti progres transaksi mereka.

Sebagai tambahan, berikut template checklist untuk memberikan gambaran apa saja yang bisa dilakukan atau direncanakan agen setiap harinya.

Agent’s Daily Checklist:

  • Cek kotak masuk pesan dan email dari klien
  • Balas pesan dari klien maupun calon klien
  • Cek mention di sosmed
  • Ingatkan deadline klien
  • Cari klien baru
  • Unggah listing properti baru di Rumaruma.id
  • Pastikan informasi listing sudah benar dan lengkap
  • Pastikan kualitas foto listing sudah jelas dan tajam
  • Perbarui status listing
  • Bagikan tautan listing ke klien