Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Cegah Burn-out Saat Bekerja dari Rumah | Rumaruma Blog

Stres terus-menerus saat bekerja dapat membuat kamu mengalami burnout alias kelelahan yang amat sangat

Cegah Burn-out Saat Bekerja dari Rumah

Minimnya interaksi sosial, serta kondisi yang “mengekang” di ruang yang sama setiap harinya dapat menjadi kombinasi berbahaya yang memicu burn-out saat bekerja dari rumah.

Istilah burn-out mengacu pada kondisi kelelahan mental dan fisik yang disebabkan oleh kehidupan profesional seseorang, atau dengan kata lain, aktivitas bekerja. Kelelahan akibat bekerja mungkin terdengar sepele, namun tahukah kalian, indikasi burn-out tingkat kronis dapat memicu stroke dan serangan jantung.

Sebagaimana kebijakan bekerja dari rumah masih berlanjut, berikut Rumaruma.id bagikan kiat untuk mengembalikan keseimbangan antara kualitas pekerjaan dan kualitas hidup saat work from home.

Dedikasikan ruang kerja khusus

Memisahkan antara ruang kerja dan ruang personal di dalam rumah sangatlah penting. Jika kalian menggunakan meja makan sebagai ruang kerja, maka saat waktu istirahat makan siang maupun selepas jam kerja, pastikan tidak ada lagi laptop atau barang-barang yang berhubungan dengan pekerjaan di atas meja agar kepala dapat beristirahat dan fokus mengembalikan energi.

Kelola prioritas pekerjaan

Para profesional berbagi tips agar tidak kewalahan saat bekerja dari rumah, yaitu dengan merencanakan apa yang akan dikerjakan hari itu setiap paginya. Dengan begitu, kalian dapat memahami mana tugas yang sebaiknya menjadi prioritas.

Ambil waktu untuk istirahat sejenak

Di sela-sela pekerjaan, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak 10-15 menit. Bisa dengan kalian meregangkan kaki dan tangan,                                                               membuat minuman teh atau kopi, atau apa saja yang membuat kalian bebas sejenak dari layar laptop dan kursi kerja.

Coffee chats dengan rekan kerja

Bagaimanapun interaksi antar manusia diperlukan, apalagi dalam situasi bekerja dari rumah. Hanya karena tidak bertemu langsung, bukan berarti komunikasi dengan rekan kerja harus hilang. Atur waktu untuk sesi coffee break bersama rekan kerja, di mana kalian dapat tetap online, namun sejenak melepas penat dengan bercanda atau ngobrol ringan.

Rencanakan kegiatan virtual bersama yang menyenangkan

Hanya karena Anda tidak sedang berada di kantor bukan berarti Anda harus melewatkan beberapa tradisi kantor ”yang sangat disukai”, seperti pesta kostum saat Halloween atau ritual potluck yang digantikan dengan aktivitas makan siang online bersama.