Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

Alasan Rumah Tidak Laku Terjual | Rumaruma Blog

Cari tahu apa penyebabnya

Alasan Rumah Tidak Laku Terjual

Jangan lantas menyalahkan diri jika properti yang kalian wakilkan belum atau sulit terjual. Apalagi, jika kalian telah menginvestasikan waktu dan tenaga untuk memasarkan dan memanfaatkan berbagai media.

Kadangkala, agen yang sudah berpengalaman bertahun-tahun pun menemui kasus properti yang susah laku di pasaran. Peluang untuk properti tersebut dapat terjual tetap ada, namun mungkin kalian juga perlu tahu apa yang biasanya menyebabkan pembeli tidak tertarik dengan properti semacam itu.

Harga yang tidak sesuai

Setelah lokasi, harga menjadi poin pertimbangan yang paling penting bagi pembeli. Begitupun bagi penjual. Sebab itu, penting untuk membantu kedua belah pihak mencapai titik tengah alias sweet spot.

Jika lebih dari lima potensial pembeli melakukan kunjungan properti dan setelah itu, tidak ada satu follow up pun dari mereka, bisa jadi karena harga yang ditawarkan terlalu tinggi dari standar pasaran. Hal tersebut menjadi alasan mengapa rumah susah laku terjual.

Kualitas informasi dan foto listing tidak profesional

First impression matters. Faktanya, kebanyakan calon pembeli mencari rumah secara online. Sadar atau tidak, para pembeli menyaring apa yang mereka suka lewat apa yang dilihat, seperti foto. Semakin menarik suatu foto listing, maka semakin banyak perhatian yang didapat.

Namun demikian, visual yang baik saja tentu tidak cukup. Pembeli kian pintar dan kritis dalam memilah informasi. Visual menarik, tetapi informasi tidak jelas dianggap clickbait atau fake listing sehingga mengurungkan niat pembeli. Alhasil, properti tidak laku-laku.

Target dan media pemasaran yang keliru

Jual properti dengan memasang listing di platform khusus jualan makanan atau fashion tentu saja tidak relevan. Wajar jika properti tidak laku karena media dan target pemasarannya keliru.

Daripada menghabiskan waktu dengan menyasar berbagai media pemasaran secara acak, sebaiknya fokus pada media yang memang mewakili target pasar kalian.

Terdapat sejumlah platform khusus properti yang dapat dimanfaatkan, antara lain Rumaruma atau marketplace Reco. Dengan fokus pada platform atau media yang tepat, dapat meningkatkan visibilitas dan peluang properti lebih cepat laku.