Photo:
Photo:
Photo:
Kontributor
Share:
Share via Facebook Share via Twitter Share via WhatsApp Share via E-mail
Artikel Lainnya

"New Normal": Seperti Apa Hidup Berdamai Dengan Covid-19? | Rumaruma Blog

Pandemi membawa perubahan besar terhadap kebiasaan, perilaku dan gaya hidup masyarakat

"New Normal": Seperti Apa Hidup Berdamai Dengan Covid-19?

Istilah “New Normal” belakangan mencuat dan merujuk kepada “kondisi normal yang baru”, menyusul pandemi COVID-19 yang secara masif telah menggeser hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat dunia, mulai dari cara bekerja, bermain dan kebiasaan hidup.

New Normal sendiri merupakan strategi negara-negara dunia dalam menghadapi pandemi dengan mengadopsi pola hidup baru sesuai dengan yang disarankan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu test, tracing, treat and isolate.

Baru-baru ini Presiden Jokowi juga mengungkapkan bahwa pemerintah terus berupaya keras dan berharap puncak pandemi segera menurun. Sementara itu, masyarakat dihimbau untuk belajar berdamai dengan virus COVID-19 untuk beberapa waktu ke depan.

Nah, apa yang dimaksud dengan hidup berdamai dan apa kaitannya dengan “New Normal”?

Dengan sejumlah ahli yang memprediksi pandemi masih akan berlangsung lama, maka yang bisa masyarakat lakukan adalah membiasakan dengan pola hidup baru (new normal). Hidup berdamai dengan COVID-19 lantas merujuk pada kelegowoan serta komitmen kita untuk secara disiplin menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat mengurangi dan mencegah penyebaran virus.

Pemakaian masker di manapun, meski kurang nyaman, tetap wajib diterapkan. Cuci tangan atau menggunakan disinfektan menjadi kebiasaan yang secara otomatis dilakukan, tanpa perlu harus diingatkan atau dihimbau lagi. Aktivitas yang dulunya melibatkan pertemuan fisik, seperti transaksi penjualan, pembelian, kegiatan pembelajaran atau seminar kini dapat dilakukan secara virtual memanfaatkan teknologi online Internet.

Pembatasan jumlah kerumunan, physical distancing, screening suhu tubuh pun menjadi pemandangan yang sudah tidak asing dan keseluruhan aktivitas yang bertujuan menekan penyebaran virus membentuk apa yang dimaksud dengan new normal.

Singkatnya, hingga ditemukannya vaksin yang efektif, masyarakat dunia dihimbau menerapkan strategi "New Normal" ke dalam kehidupan mereka, atau dengan kata lain “hidup berdamai dengan COVID-19”. Jadi, sudah biasakah kalian menerima new normal ini?